Reportase Review

Memanjakan Telinga Dengan Speaker Canggih Dari JBL

Poppy Sovia (foto Nur Terbit)
Poppy Sovia (foto Nur Terbit)
Written by nurterbit

Jika Anda pernah mengalami masa remaja pada era 1980-an, tentu masih ingat dengan Walkman. Itu loh satu alat yang digunakan jika mau mendengar musik sambil berasyik-asyik sendiri.

Ya, zaman itu (terlalu ketuaan ya kamu? hahaha) kalau mau mendengar musik sambil bergaya, minimal harus melalui peralatan yang dinamakan Walkman. Ada yang masih ingat gak Walkman itu? Wow gaya banget deh rasanya remaja zaman itu.

Untuk mendengarkan musik, remaja saat itu masih menggunakan perangkat pemutar lagu dari kaset melalui tape rekorder yang disematkan di pinggang dengan bantuan alat dengar berupa handseat, earphone atau headphone. Selanjutnya mengikuti perkembangan teknologi elektronik, kaset pun kemudian digantkan oleh CD (compact disc), DVD hingga sekarang eranya digital.

Itu kalau untuk dinikmati sendiri, artinya suara musik hanya terdengar oleh dua helai kuping kita. Lain lagi kalau untuk didengar oleh banyak orang. Tentu harus menggunakan speaker, minimal dengan radio tape rekorder yang mempunyai speaker yang bunyinya stereo.

Di satu kesempatan, radio tape rekorder bersuara stereo ini juga terkadang dimanfaatkan untuk memutar musik sambil mengiringi breakdance, alias tari kejang. Remaja kota besar seperti menemukan identitas baru dalam menikmati musik.

Suasana ujicoba produk JBL saat launching di Aeon Mall BSD City Tangerang (foto : Nur Terbit)

Uji Coba Produk Audio

Kenangan masa remaja “tempo doeloe” itu, seolah terulang kembali ketika saya mendapat undangan untuk menghadiri launching berbagai produk speaker canggih dari JBL Harman di kawasan Aeon Mall BSD City, Tangerang, Banten, Rabu 29 November 2017 silam. Hadir awak media, blogger, vlogger dan tech lovers.

Selain itu Nampak hadir pula para petinggi JBL seperti James Eric Pribadi, General Manager PT IMS (Distributor Resmi Harman Indonesia) – Sergio van Dijk, JBL Celebrity Friends – Gordon Tong, Director, Global Product Line Management Harman International – Kazuo Sawachi, Indonesia Country Manager, Harman International – Grace Koh, Vice President & General Manager Harman APAC –  Devi Yosita, Marketing Communication Manager Lifestyle Audio Division Harman Indonesia.

Artis Kevin Julio sedang berbagi pengalaman kepada MC cantik sebagai pengguna produk JBL (foto : Nur Terbit)

Artis Kevin Julio sedang berbagi pengalaman kepada MC cantik sebagai pengguna produk JBL (foto : Nur Terbit)

Acara bertajuk “JBL Exclusive Launch” tersebut, memperkenalkan brand JBL, salah satu produk unggulan dari Harman International sebagai lini produk sport & lifestyle headphones serta speakers terbaru. Produk tersebut dilengkapi dengan teknologi terbaru dan desain modern ergonomis yang stylish. JBL hadir dengan beragam wireless speaker dan headphone untuk memenuhi kebutuhan kaum urban.

Maka wajarlah jika JBL mengklaim diri sebagai brand yang selalu mempersembahkan inovasi terbaru melalui produk-produk audio terbaik. Nah salah satu produk audio yang banyak menarik perhatian hari itu adalah jenis JBL Boombox.

Apa itu JBL Boombox?

Jenis produk ini merupakan portable bluetooth speaker dengan kualitas suara kuat. Lengkap dengan dentum bass yang mantap. Kekuatan baterai hingga 24 jam serta dilengkapi fitur waterproof untuk penggunaan di luar ruangan.

Karena dilengkapi dengan fitur waterproof, maka speaker ini bisa dicelupkan ke air dan tetap mengeluarkan suara. Keren kan?

Para "JBL Celebrity Friends" dari kiri ke kanan: Poppy Sovia, Ibnu Jamil, Calvin Jeremy dan Kevin Julio (foto : JBL/NurTerbit

Para “JBL Celebrity Friends” dari kiri ke kanan: Poppy Sovia, Ibnu Jamil, Calvin Jeremy dan Kevin Julio (foto : JBL/NurTerbit)

Kevin Julio, salah satu JBL Celebrity Friends — disaksikan selebrity rekan Kevin seperti Poppy Sovia dan Ibnu Jamil — didapuk untuk mendemonstrasikan kehebatan JBL Boombox untuk dicelupkan ke dalam air yang disediakan khusus berupa aquarium.

Uniknya, musik yang diputar melalui bantuan Bluetooth dari handphone Ibnu Jamil, tetap bisa terdengar keras dengan dentum bass yang mantap meski tenggelam dalam air.

Itu sebabnya sampai ada awak media yang sempat gak percaya dan bela-belain bertanya, “memangnya ada orang yang bisa mendengar musik sambil menyelam di air?”. Tentu pertanyaan ini tidak perlu dijawab, kecuali gemuruh tawa terdengar.

JBL Boombox dengan tagline “Suara Epik Sepanjang Hari” ini, memang dibuat sebagai speaker bluetooth portabel yang paling kuat, JBL Boombox memberikan suara luar biasa bersamaan dengan bass mantap. Kita bisa menikmati musik selama 24 jam tanpa gangguan. Bayangkan, Anda bermain dengan musik favorit dari matahari terbit sampai esoknya dengan satu kali charge.

Kenapa hanya sekali di-charge? Itu karena speaker berbentuk termos air ini menggunakan baterai 20.000 mAh yang besar. Tentu saja didukung ganda untuk mengisi daya perangkat eksternal Anda kapan saja dan dengarkan selalu musiknya.

Waktu diujicobakan di acara launching ini, suaranya terdengar cukup kuat pada saat acara indoor maupun outdoor. Teknologi yang digunakan adalah IPX7 waterproof yang tahan cuaca bahkan untuk pesta kolam renang paling epik.

Selain itu, jika musik masif adalah suatu keharusan, Anda dapat menghubungkan lebih dari 100 speaker JBL Connect + yang dikoneksikan lewat Bluetooth hanya dengan sekali tekan tombol.

Spesifikasi Teknis:

  • Wireless Bluetooth Streaming
  • High-capacity 20,000mAh rechargeable battery
  • IPX7 waterproof.
  • JBL Connect+
  • Volume kuat dengan bass mantap.

Selain mendemonstrasikan kemampuan JBL Boombox, para artis yang menajdi selebrity teman JBL juga melakukan testimoni dengan perangkat produk yang menjadi andalan dan pilihan mereka.

Misalnya Ibnu Jamil (pemeran di sinetron motor online di salah satu televisi swasta) melengkapi aktivitas berolahraga dengan earphone JBL Inspire 700, Poppy Sovia dengan headphone wireless compact nan stylish dari headphone JBL E65 BT, Kevin Julio mengatasi mood up and down sambil mendengarkan musik menggunakan headphone JBL V750 NC.

Begitu juga dengan  Sergio van Dijk lebih fokus latihan sambil mendengarkan musik menggunakan earphone JBL Focus 700,  atau Calvin Jeremy nikmati pengalaman mendengarkan musik dengan audio yang dapat dilihat nyata menggunakan speaker JBL Pulse 3.

Sempat juga menjajal permainan game melalui peralatan VR Gaming (foto : Dede Ariyanto)

Sempat juga menjajal permainan game melalui peralatan VR Gaming (foto : Dede Ariyanto)

Saya sendiri berkesempatan mencoba permainan game dari salah satu jenis produk JBL, yakni VR Gaming. Permainan dilakukan melalui alat bantu berupa kacamata yang terhubung ke layar laptop lalu bermain melayan Alien sebagai musuh kita.

Wow…terasa dekat sekali dengan musuh, sehingga terkadang terkaget-kaget jika diserang dan mendapat tembakan mendadak dari para alien yang tiba-tiba sudah mengepung. Permainan game menggunakan peralatan canggih ini, mengingatkan masa lalu saat masih populer dengan Nintendo, Sega hingga Play Station (PS) sekarang ini. Seru deh pokoknya hehehe…

Kazuo Sawachi sebagai Country Manager, Harman Indonesia mengatakan, melalui rangkaian produk audio JBL kategori Lifestyle dan Sports terbaru ini, dia berharap dapat memberikan semangat “Dare to Listen” bagi pencinta audio untuk berani mendengar dan menikmati audio beyond the limit.

“Selain itu untuk menjawab kebutuhan khusus dari pengguna, kami akan terus berinovasi untuk memberikan pengalaman mendengarkan audio yang tak terlupakan,“ ungkap Kazuo Sawachi, yang sengaja hadir pada acara launching ini.

HARMAN International sendiri, adalah perusahaan teknologi audio untuk pasar otomotif dan konsumen. Kehadirannya melengkapi kebutuhan pasar melalui rangkaian perangkat audio berteknologi terdepan untuk kategori Lifestyle dan Sports.

Dirancang khusus untuk memberikan kenyamanan serta fitur pendukung audio terbaik, seluruh rangkaian produk audio terbaru JBL ini diharapkan dapat menjawab berbagai kebutuhan gaya hidup urban maupun saat berolahraga

Vice President dan General Manager Lifestyle Audio Division Asia Pacific HARMAN International, Grace Koh menjelaskan, kebutuhan akan audio berkualitas terbaik terus diminati para pencinta audio untuk menunjang aktivitas harian.

Menjawab hal ini, JBL terus menciptakan berbagai inovasi dan teknologi yang kemudian diwujudkan ke dalam rangkaian produk terbaru JBL untuk lini Lifestyle dan Sports.

“Dengan produk terbaru ini, kami berusaha meningkatkan standar kualitas untuk wireless headphone dan speaker, serta memberikan pengalaman mendengarkan audio yang tak tertandingi lewat perpaduan antara kenyamanan dan personalisasi kualitas audio terbaik khas JBL,” kata Grace Koh.

JBL Headphone Lifestyle dan Sports serta wireless speaker kini sudah tersedia di pasaran sejak akhir November 2017 di JBL store, toko gadget ataupun elektronik retail di seluruh Indonesia.

Para artis menjajal berbagai pengguna produk JBL (foto : Nur Terbit)

Para artis menjajal berbagai produk JBL (foto : Nur Terbit)

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:

Devi Yosita, Marketing Communication Manager Lifestyle Division, Harman International Singapore Pte. Ltd,             C: +62 813 8611 2117.

Email: Devi.Yosita@harman.com 

 

Leave a Comment