Reportase Review

Fitur Baru OPPO F5, Cocok Bagi Yang Suka Selfie

foto dok Nur Terbit
Written by nurterbit

Ada fitur baru yang dilekatkan OPPO pada perangkat produk terbarunya di OPPO F5 kali ini. Fitur tersebut merupakan pengembangan dari fitur yang sudah ada di produk OPPO sebelumnya.

Salah satunya adalah layar yang sudah Full Screen FHD+ dan kamera depan 20 MP dengan A.I. Beauty Recognition Techonology.

Dengan pengembangan ini OPPO F5 cocok bagi yang suka selfie. Makanya dari semua fasilitas tersebut, OPPO juga dikenal sebagai smartph­­one dengan Selfie Expert and Leader. Bahkan seri kali ini menghadirkan warna emas, hitam, dan merah.

Baca Juga : Ini Dia Keunggulan Kamera Hp Oppo Dengan Teknologi Fotografi Mobile

Beberapa fitur terbaru OPPO untuk produk seri terbaru F5 yang saya catat saat hadir di acara launching Senin 13 November 2017 silam di Kemang Mal Jakarta, dilanjutkan first sale alias penjualan perdana di Central Park beberapa hari sesudahnya.

Suasana launching OPPO F5 menggunakan Brica B-PRO5 Alpha Edition (foto: Nur Terbit)

Suasana launching OPPO F5 menggunakan Brica B-PRO5 Alpha Edition (foto: Nur Terbit)

Ini dia fitur OPPO F5 yang cocok bagi yang suka selfie-selfiean.

A.I. Beauty Recognition Techonology

Dengan teknologi A.I. Beauty Recognition Techonology, merupakan kecerdasan buatan yang ditanamkan pada kamera depan 20 Megapixel OPPO F5. Melalui teknologi ini, kamera akan dapat mendeteksi secara detail jenis dan warna kulit, jenis kelamin, dan usia dari subjek foto.

Hal ini dapat dilakukan dengan memindai lebih dari 200 titik pada wajah, sehingga perangkat ini dapat mengenali setiap keunikan wajah subjek seperti pada bagian hidung, lekuk pipi, dan bentuk dagu.

Tujuannya apa? Ya, untuk memastikan hasil footo selfie akan sesuai dengan kondisi wajah subjek tanpa terpengaruh dari ekspresi maupun sudut pengambilan gambar. Teknologi ini juga akan menjawab keluhan utama dari fitur beatify yang hanya menawarkan hasil yang sama untuk semua orang.

F5 juga dilengkapi kamera depan 20 MP dengan diafragma f/2.0 dan kamera belakang 16 MP dengan bukaan lebar f/1.8. Kamera depan F5 juga dapat memberikan efek bokeh dan HDR yang menjadi nilai tambah perangkat ini. Bokeh adalah istilah untuk blur-blur gambar di belakang, disamping juga ada efek HDR yang sama dengan kamera-kamera profesional.

Fasilitas Full Screen FHD+ memungkinkan pengguna OPPO F5 lebih puas karena layar cukup lebar. Suasana penjualan perdana OPPO F5 di Central Park Jakarta Barat (foto : Nur Terbit)

Fasilitas Full Screen FHD+ memungkinkan pengguna OPPO F5 lebih puas karena layar cukup lebar. Suasana penjualan perdana OPPO F5 di Central Park Jakarta Barat (foto : Nur Terbit)

Full Screen FHD+ Pertama OPPO

Selain itu, OPPO F5 ini juga menawarkan pengalaman visual terbaik dengan hadirnya layar 6 inci Full Screen FHD+ dengan solusi tinggi 2160 x 1080. Layar ini akan memberikan kenyamanan dalam melihat konten-konten video dan juga bermain game.

Split Screen Mode

Bahkan terdapat fitur Split Screen Mode yang dapat menjalankan dua aplikasi sekaligus secara berdampingan dalam satu layar.

Navigation Gesture

Fitur lain dalam perangkat ini adalah Navigation Gesture di mana pengguna dapat melakukan gerakan dari bawah layar untuk menggantikan pengoperasian dengan tombol home, menu dan back.

Facial Unlock

Fitur facial unlock  ini memungkinkan pengguna untuk menjalankan aplikasi atau menbuka gawai dengan cara cukup memindai wajah, tanpa perlu memasukkan kata kunci, pola, atau pindai sidik jari. Dalam proses pindai sidik jari atau finger print di OPPO F5 ini cuma perlu waktu 0,2 detik saja untuk membuka. Cepat banget kan?

Fitur  facial unlock bahkan mampu melakukan pemindaian sampai 128 titik wajah pengguna. Artinya, kita yang lagi repot-repotnya memegang sesuatu, misalnya lagi masak, gak perlu susah-susah membuka layar gawai, cukup menatap ke arah ponsel.

“Jadi ketika smartphone kita di meja atau misalnya di-dock, tangan kita tidak perlu harus membalikkan ponsel untuk membuka akses melalui finger print,” Suwanto, Marketing Planning Manager OPPO Indonesia.

Suasana penjualan perdana OPPO F5 di Central Park Jakarta Barat (foto : Nur Terbit)

Suasana penjualan perdana OPPO F5 di Central Park Jakarta Barat (foto : Nur Terbit)

Color OS 3.2

Kombinasi ColorOS 3.2 yang dipadukan dengan RAM sebesar 4GB dan prosesor Octa-Core dengan konsumsi energy rendah akan meningkatkan kinerja sebesar 40 persen yang jika dibandingkan perangkat sebelumnya.

Triple-slot Storage

OPPO F5 juga dilengkapi dengan penyimpanan internal 32GB dan triple-slot storage sehingga dapat memuat dua kartu nano simcard dan satu kartu Micro-SD sampai dengan kapasitas sebesar 256GB.

Teknologi O-Share

Di perangkat OPPO F5 ini, diperkenalkan juga teknologi berbagi O-Share yang memiliki keepatan 100 kali lebih cepat dari  Bluetooth. Sebagai ilustrasi, 10 gambar dengan besar masing-masing gambar 3MB dapat ditransfer antar perangkat OPPO dalm waktu kurang lebih selama 1 detik. Wow cepat banget ya?

Fitur Game Acceleration bagi penggemar game, diperagan melalui layar lebar (foto: Nur Terbit)

Fitur Game Acceleration bagi penggemar game, diperagan melalui layar lebar (foto: Nur Terbit)

Arena of Valor (AOV)

Bagi penggemar game, OPPO menggandeng perusahaan berskala internasional, perangkat terbaru dengan prosesor MT6763T octa core dengan konsumsi energi yang rendah dan GPU ARM Mali G71 MP2 800MHz  dan pilihan ram antara 4GB atau 6 GB bisa menjalankan Arena of Valor (AOV) dengan cukup lancar.  Perangkat ini bisa meningkatkan user experiences kita dalam bermain game.

Perangkat tersebut juga mendukung mode high frame rates  yang ada dipengaturan game AOV yang dapat dikombinasikan dengan fitur game acceleration. Kombinasi ini mampu menghasilkan lebih 30 fps (frame per second) atau gambar  setiap detik dengan maksimum frame rate sebesar 60 fps.

(foto dok pribadi)

(foto dok pribadi)

Testimoni Seputar OPPO

Chelsea Islan, Selfi Expert Member OPPO :

“Saya telah menggunakan perangkat OPPO selama setahun terakhir. Dari semua produknya, OPPO F5-lah yang paling mampu memberikan foto alami tanpa melebih-lbeihkan fitur di wajah saya”.

Alinna Wexin  Marketing Director OPPO Indonesia :

“Kesuksesan OPPO karena di belakang kami ada orang-orang muda. Bahkan OPPO menjadi perintis soal swafoto dan aplikasi yang menyertainya. Di tahun 2012 saja hadir sebagai perangkat pertama di dunia yang mengusung teknologi Beautify Software Technology.

Suwanto, Marketing Planning Manager OPPO Indonesia :

Perangkat yang ada tidak hanya mengusung kekuatan kamera dan perangkat lunak untuk kebutuhan swafoto, melainkan juga adanya beragam fitur yang tidak ada di seri sebelumnya”.

Hans Kurniadi Saleh, Product Manajer Garena-AOV Indonesia:

“Perangkat OPPO F5 ternyata juga dirancang khusus untuk kebutuhan bermain game dari berbagai kalangan”.

Demikian reportase saya dari acara launching dan first sale OPPO F5 terbaru (Nur Terbit)

(foto : Tempo.co)

(foto : Tempo.co)

Leave a Comment