Review

Terobosan Adhi Karya, Bangun Hunian Terintegrasi Stasiun Kereta

Written by nurterbit

Waktu masih gonjang-ganjing rencana pembangunan kereta layang (LRT), saya langsung tertarik untuk memotret contoh gerbong kereta yang “diparkir” tidak jauh dari areal sebuah apartemen, menjelang gerbang keluar masuk Tol Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Di mass media saat itu, memang lagi santer diberitakan rencana pembangunan kereta api cepat, sebagai antisipasi mengurai kemacetan di jalur jalan Tol Jakarta – Cikampek. Pojok halaman apartemen tempat nongkrong gerbong kereta contoh ini, disebut-sebut akan digunakan untuk pembangunan stasiun awal menuju Jakarta.

Ketika akan mengambil gambar gerbong tersebut, saya dipergoki satpam apartemen. Seperti biasa, dengan dalih harus ada izin memotret terlebih dahulu dari pengelola apartemen, maka satpam pun melaksanakan perintah atasannya: melarang saya memotret.

Tidak kehabisan akal, saya lalu buru-buru menimpali. “Oh ya pak, di dalam sana, apa memang lagi promosi apartemen ya? boleh gak saya masuk, siapa tahu cocok dengan lokasi dan harga apartemen yang ditawarkan?”.

Satpam mencoba tersenyum. “Oh iya, masuk saja ke dalam”. Blek……ya bilang kek dari tadi, batin saya. Lalu saya pun masuk ke bawah tenda ber-AC. Nanya sana-sini layaknya orang yang mau membeli apartemen. Identitas dan alamat serta nomor telepon dicatat. Diberi brosur penawaran apartemen. hehehe…

Begitu satpam meleng, saya pun langsung memutar balik badan. Menyusup ke belakang tenda, persis berhadapan dengan lokomotif dan gerbong kereta contoh. Pret…pret…Saya pun puas-puasin diri mengambil gambar kereta. Tentu dari berbagai sudut pengambilan….

***

Hari Senin, 14 Agustus 2017, saya menghadiri undangan dari komunitas Blogger Crony. Ini memang acara PT Adhi Karya (Persero) Tbk LRT City, menggelar acara “Blogger Gathering” dengan mengambil tema, “Bersama LRT City, Quality Time untuk Hidup Lebih Bahagia”, berkolaborasi bersama Blogger Crony.

Hunian yang dibangun Adhi Karya di Bekasi Timur, Kota Bekasi (foto Nur Terbit)

Hunian yang dibangun Adhi Karya di Bekasi Timur, Kota Bekasi (foto Nur Terbit)

Hadir sebagai pembicara sekaligus public figuredan psikolog, Tika Bisono, Nunik Tirta Ardianto selaku pengusaha, serta Bapak Setya Adji Pramana, selaku Project Manager Eastern Green-Bekasi.

Dari awal acaranya biasa saja. Seperti undangan kopdar yang biasa diterima para blogger. Saya pikir, ini acara launching biasa. Tapi ketika menyebut ada pembangunan rel kereta layang, apartemen yang terkoneksi dengan stasiun kereta, disebut pula salah satu stasiunnya ada di Bekasi Timur, maka saya pun mulai terusik.

Selain karena saya memang warga Bekasi Timur ber-KTP Kota Bekasi, tiba-tiba menghangatkan kembali pengalaman unik saya di awal tulisan ini. Dicegat satpam mengambil foto kereta di areal parkiran sebuah apartemen di Bekasi Timur. Lah, jangan-jangan…

“Bapak jadi gak ngambil satu unit apartemen? Lagi promo loh pak, bulan depan sudah kembali ke harga normal,” suara seorang wanita dari bagian pemasaran apartemen tadi.

Begitu suaranya di telepon berkali-kali, hingga saya sudah lupa apa jawaban untuk menolaknya secara halus. Bilang gak punya duit, tentu gengsi dong hehe…

***

“Saya tertarik dengan yang dibangun di Bekasi Timur,” kata saya, saat acara tanya jawab. Setya Adji Pramana, selaku Project Manager Eastern Green-Bekasi mewakili pihak PT Adhi Karya pun menjelaskan. Dan…benar juga, akhirnya nyambung dengan cerita saya di awal tulisan ini.

Nah, yang di Bekasi Timur itu, namanya “Eastern Green Apartment”. Merupakan apartemen yang dibangun PT Adhi Karya (Persero) Tbk yang langsung terintegrasi dengan LRT City-Bekasi dan 0 (nol) kilometer dari stasiun LRT. “Jadi, kita tak habis waktu di jalan secara sia-sia untuk hunian”.

Eastern Green - Bekasi (foto Nur Terbit)

Eastern Green – Bekasi (foto Nur Terbit)

Menurut Setya Adji Pramana, Eastern Green Apartment ini memberikan fasilitas yang tak kalah menarik berupa LRT Station yang sangat dekat, swimming pool, cinema, mall, commercial area, gym dan spa, plaza/landscape, plus security guard. Juga living room dan bedroom dengan floor homogeneous dan berdinding light.

Berbagai fasilitas dan pelayanan dasar yang diperlukan masyarakat, dicoba untuk dibangun lebih dekat dan terjangkau oleh masyarakat. Misalnya sekolah, sumber air bersih, layanan kesehatan, dan sebagainya. Sehingga, masyarakat dapat dengan mudah menikmati berbagai sarana tersebut.

Selain itu, juga memperbaiki mobilitas masyarakat sehingga dapat melakukan perjalanan secara nyaman, cepat, dan murah.

PT Adhi Karya (Persero) Tbk  sudah melakukan penandatanganan perjanjian dengan Dirjen Perkeretaapian Kemenhub RI dan Dirut Adhi. Sekitar dua puluh tiga triliun plus PPN 10% belum termasuk Interest During Contructions (IDC) dan Interest During Payment (IDP).

PT Adhi Karya (Persero) Tbk telah melakukan pembangunan tahap pertama dengan lintas layanan meliputi: Cawang-Cibubur; Cawang-Bekasi Timur; dan Cawang-Dukuh Atas.

Dengan pola design and build, juga memakai standard gauge (rel berukuran standar 1435 mm) ruang lingkup pekerjaan meliputi: Jalur (konstruksi jalan layang), stasiun, fasilitas operasi, dan depo.

***

Selain di Bekasi Timur, Adhi Karya juga membangun LRT City Sentul-Royal Sentul Park, properti apartemen yang berada di KM Nol sehingga terintegrasi ke LRT.

Ciracas menjadi satu bagian yang tak terpisahkan dan menjadi akses banyak orang. PT Adhi Karya (Persero) Tbkmembangun hunian Urban Signature berupa rusunami. Lokasinya sangat dekat dengan stasiun LRT Ciracas, Taman Mini Indonesia Indah, RS. Jantung Bina Mulya, dan Jakarta International Korea School.

LRT City Jaticempaka Gateway Park Apartment of LRT City juga kawasan yang langsung terhubung dengan stasiun LRT. Memiliki tiga tipe unit, masing-masing tipe studio SG 24,50 m2, 1 bedroom SG 36,75m2, dan 2 bedroom SG 49,00 m2. Fasilitas yang dipunyai sama dengan Urban Signature.

Bekasi Timur, Kota Bekasi (foto Nur Terbit)

Bekasi Timur, Kota Bekasi (foto Nur Terbit)

Leave a Comment