Wisata

Sensasi Arung Jeram Sungai Citatih (2)

Written by nurterbit

Mempersiapkan segala sesuatu berkaitan arung jeram, ternyata harus melalui prosedur. Menurut petugas pemandu, acara sengaja dipilih siang hari hingga berakhir sore hari, tujuannya agar disesuaikan dengan kondisi alam dan cuaca di sungai Citatih kala itu.

Rombongan kelompok FORWARA (Forum Wartawan Kesra) ini, menggunakan 5 perahu karet. Satu perahu berkasitas bisa memuat sampai 6 penumpang. Hari itu ada 15 perahu karet melintas di sungai Citatih, 10 perahu karet di antaranya adalah rombongan dari karyawan Hotel Nikko dan Wisma Nusantara Jakarta.

Satu unit perahu karet lainnya memuat 2 orang turis asal Jerman dan Austria. Kepada kami, kedua wisatawan mancanegara ini mengaku bertugas di Manado, Sulawesi Utara, dan sengaja rekreasi ke Sukabumi, Jawa Barat.

Sepanjang aliran sungai, perahu kami saling berkejar-kejaran. Teriakan keras dan tawa gembira, terdengar manakala satu perahu mendahului perahu lainnya. Perahu yang berhasil disusul oleh yang lain, tidak jarang mendapat serangan balik berupa percikan air sungai yang sengaja disemburkan dari dayung peserta saingannya. “Huuu…ketahuan ye. kalau tidak bahagia waktu kecilnya, hahaha…” goda yang lain.

Sepanjang sungai, banyak dijumpai orang yang memancing. Mereka menggunakan umpan laron, entah apa maksudnya. Kami juga menemukan sejumlah kerbau dimandikan di tepi sungai. Bahkan ada kerbau bule berenang, seolah ikut menemani keceriahan arung jeram ini.

Kegiatan outbound dengan memilih kegiatan arung jeram, tentu mengasyikan. Salah satu tempat favorit melakukan arung jeram yakni di Sungai Citatih, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Bagaimana memilih peralatan keselamatan selama di atas perahu karet, termasuk cara mendayung yang benar? Berikut tips yang saya simpulkan dari pengarahan sang pemandu kami.

Sebelum turun ke Sungai Citatih, Kabupaten Sukabumi, dan memulai kegiatan arung jeram, semua peserta diharuskan menggunakan berbagai peralatan khusus untuk arung jeram. Antara lain helm, pelampung, dayung. Peralatan ini tersimpan di sebuah tempat khusus berupa saung. (bersambung)

Leave a Comment