Media

Polda Metro Jaya Tangkal Hoax Melalui PMJNews

Written by nurterbit

Divisi Humas Polda Metro Jaya, meluncurkan sebuah portal media online baru. Namanya www.pmjnews.com. Tujuannya menangkal berita hoax.

Jagat media online sekarang ini semakin ramai. Berbagai website atau protal berita, bertebaran di dunia maya. Salah satu yang terbaru adalah pmjnews.com. Dari namanya, jelas diambil dari akronim Polda Metro Jaya — PMJ.

Sebagai pengguna sosial media maupun media online, kehadiran portal berita dari Kehumasan Polda Metro Jaya ini, jelas sangat bermanfaat bagi masyarakat umum, terutama teman-teman dari media meanstream. Selain bisa mengutip berita, juga bisa dimanfaatkan sebagai acuan dan sumber resmi terkait soal kepolisian.

Saya masih ingat ketika aktif sebagai reporter media cetak (1980-2000), yang bertugas mengumpulkan informasi di lapangan sebelum dikirim laporannya ke redaksi.

Dulu, belum ada internet, belum ada sosial media, belum ada email. Semua fasilitas masih sangat terbatas. Belum ada website sebagai acuan.

Semua informasi, data, keterangan dikirim dari lapangan ke redaksi di kantor, masih melalui fasilitas telepon (umum + coin), pager, handy talky (HT). Dan ketika itu, info peristiwa kriminal, hanya bisa didapat jika “nguping” atau dapat “bocoran” dari HT polisi di lapangan.

Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono, Humas Polda Metro Jaya sedang memberikan sambutan (foto Nur Terbit)

Portal berita PMJNEWS.com dengan tagline #terdepanterpercaya (foto Nur Terbit)

Kini, jaman sudah berubah. Semua serba digital. Informasi bisa datang dari segala penjuru. Bahkan, dengan dua jari tangan, berita bisa diunggah dari smartphone. Itulah kecanggihan teknologi. Dengan teknologi ini pula, Polda Metro Jaya hadir dengan portal berita PNJNews.

Bagi saya sendiri sebagai blogger, Polda Metro Jaya terutama Divisi Humas, semakin membuka diri dengan program yang familiar dengan awak media, netizen dan blogger. Pada bulan Ramadhan 2018 lalu misalnya, beberapa kali Kapolda Metro Jaya menggelar acara silaturahim, dilanjutkan dengan buka puasa bersama.

Kegiatan seru tersebut, selain upaya “merangkul” awak media, netizen dan blogger, juga memberi kesempatan mereka untuk melakukan liputan bersama Kapolda di atas helikopter keliling di langit Jakarta. Tentu saja, mereka yang terpilih karena juara lomba menulis artikel di media, di blog masing-masing.

Bagaimana serunya acara tersebut, bisa Anda baca pada reportase saya ketika itu: CARA KAPOLDA MERANGKUL WARTAWAN DAN BLOGGER

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Idham Azis menyumbang suara emasnya pada cara peluncuran portal berita PMJNews (foto Nur Terbit)

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Idham Azis menyumbang suara emasnya pada cara peluncuran portal berita PMJNews (foto Nur Terbit)

PELUNCURAN PORTAL PMJ

Peluncuran website PMJ ini dilakukan di gedung Promoter, Polda Metro Jaya, di jalan Gatot Soebroto, Jakarta Selatan, Kamis (15/11) pagi.

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Kapolda Metro Jaya Irjen. Pol. Drs. Idham Azis, M.Si, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono dan seluruh Kapolres Jakarta serta Kapolsek dan kepala Satuan Kerja (Satker) yang ada di Polda Metro Jaya.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Ketua Dewan Pers Yosep Stanley Adi Prasetyo dan Ketua KPI Yuliandre Darwis, Ketua PWI Pusat Atal Depari, Ketua PWI DKI Jakarta Ibu Endang dan juga sejumlah Kementrian juga hadir di kesempatan tersebut.

Kehumasan Polda Metro Jaya saat ini, seperti siaran pers yang dibagikan, sedang berupaya untuk meningkatkan kinerjanya dalam rangka memberikan informasi dan edukasi secara cepat, tepat dan akurat kepada publik secara langsung. Caranya, melalui sebuah portal media online baru yang diberinama pmjnews.com.

Kapolda Metro Jaya, Irjen. Pol. Drs. Idham Azis, M.Si mengakui, tujuan diluncurkannya portal berita ini untuk menangkal dan melawan berita bohong, atau hoax, yang kini begitu masif dan sangat berpengaruh negatif bagi persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kita sangat memperhatikan perkembangan informasi terutama dari media sosial yang banyak sekali peredaran informasi hoax. Beredarnya berita hoax yang semakin ganas saat itu, telah menjadi konsumsi sehari-hari masyarakat.

“Celakanya, berita hoax tersebut dianggap sebagai informasi atau berita yang benar adanya,” kata Kapolda.

Berangkat dari keprihatinan inilah, PMJnews diharapkan bisa memberikan informasi benar, cepat, akurat dan tepat untuk melawan hoax tersebut.

Banyak masyarakat tidak memiliki pengetahuan dan sumber yang cukup untuk membedakan informasi, atau berita yang diperolehnya adalah benar sesuai fakta atau malah sebaliknya.

Oleh sebab itu, kehadiran PMJNews pun diharapkan bisa menjadi media rujukan pemberitaan media mainstream lainnya yang sesuai dengan fakta dan data yang akurat yang langsung didapati dari sumber terpercaya di Polda Metro Jaya.

Disamping itu juga, dengan penerapan informasi kepolisian dalam format pemberitaan berbasis Android yang berkesinambungan, diharapkan akan sangat membantu organisasi khususnya, Humas Polda Metro Jaya untuk lebih meningkatkan kinerja.

Semua itu tentu dilakukan semata-mata, demi mewujudkan Polisi yang Profesional, Modern dan Terpercaya sehingga dapat melayani publik secara prima dan kepercayaan terhadap Polri khususnya, Polda Metro Jaya dapat meningkat dan terus baik dari waktu ke waktu.

Dalam peluncuran portal berita ini, juga dilakukan siaran langsung live streaming di channel Youtube PMJnews.com

Dengan kehadiran website ini, merupakan salah satu program  kepolisian yang dicanangkan, untuk memberikan informasi yang benar kepada masyarakat.

Tidak itu saja, Kapolda juga mengintruksikan semua kesatuannya setingkat Polda Metro Jaya, Polres hingga Polsek untuk bisa bersinergi dan bekerjasama dalam menginformasikan setiap perkembangan berita yang ada di tengah-tengah masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan informasi publik dari kepolisian.

“Mari kita dukung bersama PMJnews.com untuk berkembang bersama. Menjadi tanggung jawab kita semua agar masyarakat benar-benar mendapat informasi yang benar dan tepat,” ajak Idham Azis.

Polda Metro Jaya sendiri, kata Idham Azis, telah menyumbang 60% lebih berita positif baik melalui media mainstream maupun new media. Diharapkan aplikasi ini akan dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh masyarakat guna mencari sumber informasi yang terpercaya.

Gedung lokasi acara peluncuran PMJNews (foto dok pribadi)

Gedung lokasi acara peluncuran PMJNews (foto dok pribadi)

TESTIMONI TERBITNYA PMJNEWS :

Yuliandre Darwis, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat :

Perkembangan pesat teknologi informasi, harus dibarengi dengan referensi memadai, untuk menghindari munculnya informasi palsu atau hoax di tengah masyarakat. Keberadaan PMJnews.com diharapkan menjadi referensi masyarakat untuk mendapatkan kebenaran berita.

Diharapkan portal berira ini akan menjadi role model bagi media lainya dalam hal etika jurnalistik. Setidaknya Semoga menjadi sebuah platform terpecaya dalam memberi informasi yang benar bagi masyarakat.

Hal ini sekaligus diharapkan menjadi multivitamin untuk memberi citra positif mengenai Polri, sekaligus semakin mengimplementasikan slogan Promoter (Profesional, Modern, dan Terpercaya) Polri. Karena itu, KPI (Komisi Penyiaran Indonesia)sangat mengapresiasi langkah tersebut.

Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono, Humas Polda Metro Jaya sedang memberikan sambutan (foto Nur Terbit)

Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono, Humas Polda Metro Jaya sedang memberikan sambutan (foto Nur Terbit)

Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono, Humas Polda Metro Jaya :

Kita harapkan keberadaan media online ini menjadi suatu cara yang paling tepat dalam penyampaian informasi yang cepat dan akurat kepada masyarakat guna meningkatkan kualitas kinerja suatu satuan kerja (Satker).

Semua itu tentu dilakukan semata-mata, demi mewujudkan Polisi yang Profesional, Modern dan Terpercaya sehingga dapat melayani publik secara prima dan kepercayaan terhadap Polri khususnya, Polda Metro Jaya dapat meningkat dan terus baik dari waktu ke waktu.

Ketua Dewan Pers,
Yosep Adi Prasetyo :

Sangat senang dengan hadirnya portal online ini untuk lebih cepat, akurat dan tepat memberikan informasi kepada publik. Saya menyambut baik hadirnya portal ini sebagai portal yang berada dibawah Polda Metro Jaya. Dari sinilah kita harapkan, bisa memberikan informasi yang benar dan terpercaya untuk melawan informasi hoax. Kita semua prihatin dengan berita hoax yang beredar luas.

Selama ini Dewan Pers konsern melawan hoax. Dan hadirnya portal Polda ini, kita tentu sangat senang dan mensupport agar terus berkembang. Sebagai portal yang berada dibawah Polda Metro Jaya, tentu bisa memberikan berikan informasi akurat dan terpercaya yang bersumber langsung dari kepolsian.

Sehingga segala informasi hoax bisa langsung diluruskan oleh website ini melalui pernyataan kepolisian. Ini sangat bagus dan penting sekali untuk masyarakat. Kita harapkan, pmjnews menjadi rujukan terbaik kepada masyarakat. Dan masyarakat bisa langsung mendowload aplikasi pmjnews untuk informasi yang tepat dan akurat.

Kalau ada informasi membingunkan, publik bisa merujuk pada pmjnews. Agar masyarakat yang menggunakan smart phone bisa mengunduh aplikasi ini, menurut saya masyarakat harus cerdas mencari informasi dan sumber berita (Nur Terbit)*

SUSUNAN REDAKSI

Email Redaksi: pmjnews@gmail.com

Kepala Litbang: Kompol Ni Ketutadmayani,S.H

Dewan Penasehat: Kombes Pol Drs.Tri Lulus Raharjo, Yosep Stanley Adi Prasetyo (Ketua Dewan Pers)

Pemimpin Umum:Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yowono S.IK M.Si

Pemimpin Redaksi: Rachmawati

Wakil Pemred: Wanto Sugito

Redaktur Pelaksana:
Fitriawan Ginting

Kepala Litbang:
Kombes Ni Ketutadmayani, S.H

Redaktur Multimedia:
Yogi Hastoro
Afif Shidqi

Reporter: Cindy Suliscianty,Mega Dian Siahaan, Devianti Damanik, Dona Puji Nurpitasari, Ragilang

Videografer / Fotografer:
Rully Muslim

Leave a Comment