Review

Editor Media Online Makin Produktif Dengan Laptop ASUS X555

foto Nur Terbit
foto Nur Terbit
Written by nurterbit

Perkembangan teknologi digital yang kemajuannya bergerak begitu cepat, butuh perangkat yang juga seimbang. Salah satunya laptop yang mumpuni.

Inilah pengalaman saya sebagai editor (redaktur, admin, pengelola) di sejumlah media online atau  d portal khusus berita. Kemajuan teknologi digital telah membawa perubahan signifikan di dunia komunikasi, khususnya di media massa meanstream seperti cetak dan online.

Sejak munculnya media online dan merebaknya penggunaan media sosial, informasi makin cepat bisa diterima oleh pengguna internet melalui fasilitas yang ada di gadget. Akibatnya, menggilas peran dan keberadaan media cetak yang selama sekian tahun merajai arus informasi.

Seperti diketahui, sejumlah media cetak (surat kabar, tabloid, majalah dan lain-lain) langsung gulung tikar karena tidak kuat bertahan dan bersaing dengan media online.

Boro-boro media cetak yang terbit secara mandiri bisa bertahan, yang bernaung di bawah grup media besar saja tumbang, akibat kemajuan teknologi digital yang memungkinkan orang membaca berita melalui handphone dan segala jenis gadget.

Orang pun akhirnya lebih memilih media online yang lebih praktis, dari pada harus repot membaca berita dari media cetak. Baik melalui gadget maupun komputer jinjing (laptop).

Betapa tidak, dengan modal handphone atau laptop, kita bisa browsing (berselancar) di internet mencari informasi dan kejadian yang terbaru, sesuai minat dan keinginan kita. Tentunya jika ditunjang oleh perangkat elektronik (handphone dan laptop) dan jaringan internet yang kuat.

foto dok ASUS, infografis Nur Terbit

foto dok ASUS, infografis Nur Terbit

Beralih Ke Media Online

Lalu kenapa harus memilih media online dibanding media cetak?

Pengalaman saya sebagai mantan editor (redaktur) di media cetak surat kabar harian — dan kini ikut terbawa arus beralih ke media online — ada banyak kelebihan yang dimiliki media online dibanding dengan media cetak.

Ini juga yang menjadi trik dari Kang Rosid, seorang teman yang selama ini lebih fokus mengurusi konten sejumlah website sejumlah brand. Menurut si Akang tersebut, adapun kelebihan dari media online tersebut antara lain :

  • Fast, yakni cepat posting, cepat tayang, cepat dibaca.
  • Easy & Complete, lebih mudah, komplit dan tidak usah lagi mencari penjual koran eceran
  • Low Cost, biayanya rendah atau murah.
  • Interactive, orang atau pembaca bisa berkomentar langsung sesuai dengan unek-unek setelah membaca berita.
  • Re – Distributed, beritanya bisa diposting ulang dan disebarkan (di-share).

Selain itu, bagaimana menjaga agar media online atau portal berita yang kita kelola bisa tetap eksis. Caranya dengan jalan media online itu harus tetap diupayakan agar:

  • Update, aktual dan minimal 10 berita terbaru dalam sehari.
  • Fair, jujur, netral dan berimbang.
  • Free, bebas mudah mengupload, tapi jangan terlalu berlebihan sehingga membuang kuota jika orang membuka.
  • Fast, cepat, bisa langsung dibaca tidak harus mencari penjual koran.

Lebih dari itu, jika berita yang sifatnya masih harus membutuhkan illustrasi gambar atau foto, maka disarankan untuk mengambil yang ada  di website khusus untuk foto gratis agar aman dan tidak beresiko terkena UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik).

Undang-undang ITE mengatur transaksi elektronik dan teknologi, terutama aktivitas yang berhubungan dengan Internet.

Karena itu, jika sebuah media online yang sudah beroperasi selama 6 bulan berturut-turut dan belum bisa mendapatkan iklan, media itu harus direvisi dan harus dicari letak permasalahannya di mana.

Nah…yang ini perlu kerja berat bagi pengasuhnya, terutama editor (redaktur) yang setiap hari bekerja memposting  dan meng-update berita di media online. Baik melalui komputer meja (desktop) maupun melalui komputer jinjing (laptop).

Di atas kereta api Argo Lawu, Gambir Jakarta - Solo Balapan Surakarta, pekerjaan sebagai editor media online pun tetap harus dilakoni (foto dok pribadi)

Di atas kereta api Argo Lawu, Gambir Jakarta – Solo Balapan Surakarta, pekerjaan sebagai editor media online pun tetap harus dilakoni (foto dok pribadi)

Menjaga Agar Media Online Tetap Eksis

Adapun faktor yang membuat media online bisa gagal karena ada beberapa faktor yaitu :

  • Pembaca berkurang.
  • Tidak ada iklan.
  • Distribusi berita kurang.
  • Statis, beritanya tidak ada peningkatan.
  • Pengunduh sedikit.
  • Lambat adaptasi.
  • Ada media online yang lebih statis, cepat mengikuti perkembangan atau beritanya up to date.

Berdasarkan pengalaman pribadi saya sebagai mantan editor media cetak, dan kini beralih ke media online, ternyata diperlukan perangkat laptop yang memadai dan mumpuni sebagai penunjang   tugas sehari-hari.

Sebelumnya, saya memang melakukan tugas editor dengan peralatan seadanya. Misalnya dengan laptop jadul, bahkan jika mendesak dan kepepet oleh deadline, terkadang langsung menggunakan handphone yang, naudzubillah ribetnya.

Kebayang kan bagaimana rumitnya mengetik, mengedit, croping foto, lalu posting berita berikut foto ke dalam portal berita di media online via handphone?

Laptop ASUS X555 (foto dok Asus)

Laptop ASUS X555 (foto dok Asus)

Dengan ASUS X555 Makin Produktif

Coba seandainya sejak lama saya pakai laptop yang fasilitasnya sudah memadai, tentu bisa dengan leluasa saya mengedit berita, browsing (berselancar) di internet mencari informasi dan kejadian yang terbaru dengan lancar.

Saya pun sebagai editor bisa leluasa mencari informasi terkini sesuai minat dan keinginan berkaitan visi misi media online yang saya kelola. Tentunya jika ditunjang oleh perangkat elektronik (handphone dan laptop) dan jaringan internet yang kuat.

Nah dengan menemukan laptop merk ASUS ini, saya akhirnya bisa semakin produktif terutama setelah menjajal tipe ASUS X555 ini. Khusus ASUS X555 juga dijual di Tokopedia

ASUS adalah brand laptop berkualitas yang punya banyak jenisnya. Salah satu yang terbaru adalah ASUS X555.

ASUS X555 punya banyak fitur unggulan.

ASUS X555 ini juga mempunyai baterai jenis Li-Polimer yang daya tahannya 2,5 kali lebih kuat dibandingkan baterai Li-Ion Silinder.

Bahkan, setelah diisi ulang hingga ratusan kali, baterai ini tetap dapat menyimpan sampai 80% dari original kapasitasnya.

Wah gak salah lagi kalau laptop jenis ini yang digunakan seorang editor media online. Kerja editor itu bisa berjam-jam di depan laptop demi memuaskan pembacanya dengan berita terkini.

Dengan kekuatan baterai yang dimiliki ASUS X555, kita tidak perlu lagi harus sering cari colokan listrik kalau mau bekerja.

Selain baterai yang tahan lama, laptop ASUS juga didukung oleh prosesor AMD Quadcore A10 untuk performa yang halus dan responsif.

Performa serta didukung grafis yang bagus dan memory controller di bagian dalam yang canggih, bikin ASUS X555 ideal digunakan untuk kebutuhan menonton film atau video.

Nah, kebetulan dari beberapa media online dimana saya dipercaya sebagai redakturnya, memang ada yang dilengkapi fasilitas video.

Selain bisa memposting naskah berita, juga melampirkan video liputan dari lapangan setelah terlebih dahulu diunggah di Youtube.

Dengan fasilitas nonton film dan video tersebut, pembaca media online kami, terutama yang suka nonton film video di laptop, sangat cocok jika editor dan pembaca juga memakai laptop ASUS X555.

Yang pasti, masih banyak lagi fitur keren ASUS X555 yang bikin makin mupeng saja sama laptop ini.

foto dok ASUS, infografis Nur Terbit

(foto dok ASUS, infografis Nur Terbit)

Fitur Andalan ASUS X555

Berikut adalah fitur – fitur kekinian yang dapat ditemui pada ASUS X555 :

1. Daya tahan baterai seharian.

ASUS X555 ini memiliki baterai dengan jenis Li-Polimer yang memiliki ketahanan baterai sampai dengan 2.5 kali lebih kuat dibandingkan baterai Li-Ion silinder.

Bahkan setelah diisi ulang hingga ratusan kali, baterai ini tetap dapat menyimpan sampai 80% dari original kapasitasnya.

2. Teknologi Ice Cool.

Notebook ASUS memiliki design internal yang unik yang dirancang untuk mengatasi masalah terkait panas yang terjadi pada bagian bawah notebook pada umumnya.

Teknologi ASUS Ice Cool menjaga temperatur notebook di antara 28 derajat sampai 35 derajat, hal ini menunjukkan bahwa panas yang dihasilkan lebih rendah dari temperatur yang dihasilkan oleh tubuh manusia.

Ini juga membuat Anda dapat mengetik lebih nyaman walaupun dalam waktu yang lama.

3. Home entertainment pribadi

ASUSX Series didukung oleh Prosesor Notebook ASUS X555 didukung oleh Prosesor AMD®Quadcore A10 untuk performa yang halus dan responsif.

Performa serta didukung dengan grafis yang bagus dan memory controller di bagian dalam yang canggih, membuat X555 ini ideal digunakan untuk kebutuhan komputerisasi Anda sehari-hari atau menonton film dan video.

X555 memudahkan Anda dalam menyelesaikan semua pekerjaan tersebut, memberikan Anda performa multifungsi yang Anda butuhkan untuk bekerja atau bermain dengan satu perangkat.

4. Informasi Link ASUS lebih lengkap.

Informasi lebih lanjut terkait ASUS X555 dapat diilihat melalui link terlampir :

https://www.asus.com/id/Laptops/X555QG/
https://www.asus.com/id/Laptops/X555QA/

Laptop sebagai sarana bermedia sosial juga OK

Laptop sebagai sarana bermedia sosial juga OK

Mengelola Media Online

Dari sekian banyak media online yang saya kelola dalam kapasitas sebagai editor, salah satunya adalah Vonis Tipikor.

Di media online satu ini, saya selain editor juga sebagai pemimpin redaksi. Perangkat penunjang editornya, ya laptop ASUS.

Media tersebut, lebih lebih mengkhususkan soal pemberitaan hukum dan korupsi. Memang tidak punya reporter khusus, tapi melibatkan pengurus dan aktivis penggiat anti korupsi di daerah.

Dengan demikian, pengurus dan aktivis di daerah juga ikut mendukung dengan cara memberikan kontribusi melalui tulisan-tulisannya dari daerah masing-masing.

Bagaimana cara mengirimkan tulisan dari daerahnya masing-masing, perwakilan dari berbagai daerah kami ikutkan pelatihan bagaimana mengirim berita. Baik mengirim beritanya lewat HP maupun lewat komputer atau laptop. Ya,  tentu saja kami sarankan mereka menggunakan laptop ASUS X555.

Demikian review saya mengenai pengalaman sebagai editor media online, portal berita dan admin blog, menggunakan laptop ASUS dalam mengedit dan memposting berita. Terima kasih.

Salam. (Nur Terbit)

Blogging competition berhadiah Laptop ASUS X555 (foto dok Asus)

Blogging Competition berhadiah Laptop ASUS X555 (foto dok Asus)

Leave a Comment