Komunitas Reportase

Apa Sih Manfaat Ngeblog dan Bergabung di Komunitas?

Written by nurterbit

Tulisan ini ingin menceritakan, bagaimana awal pertama saya mengenal blog dan bergabung di komunitas blogger. Adakah manfaatnya?

Lagi “bersih-bersih” e-mail pribadi dari info spam, eh ketemu tulisan jadoel yang saya tulis di blog 9 tahun silam (2011). Tulisan ini adalah saat pertama kali mengenal blog, dan bergabung di komunitas sebagai blogger hehe….

Waktu itu saya memberi judul: MENEMUKAN “DUNIA BARU” DI PURWAKARTA. Nah, berikut cerita lengkapnya. Semoga bermanfaat.

****

Belajar menulis blog, manfaat bergabung komunitas blogger, Internet sehat

Foto bersama peserta dengan panitia di Purwakarta (dok pribadi Nur Terbit)

TAK PERNAH terbayangkan sebelumnya bisa hadir di Purwakarta, Jawa Barat dan bergabung dengan komunitas guru dan para blogger.

Meski latar belakang saya seorang jurnalis (wartawan) yang setiap hari bergelut dengan penyusunan kata-kata melalui komputer, namun secara jujur masih asing dengan dunia blog.

Tapi mulai detik ini, berani saya katakan bahwa dengan mengikuti kegiatan Training of Trainer ICT ini, saya mulai akrab dan mulai terbiasa dengan ICT.

Itu bermula saat secara kebetulan membuka facebook dan menemukan segudang kegiatan dari Komunitas Bloger Bekasi bekerja sama Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kota/Kabupaten Bekasi.

Mulai dari pelatihan pembuatan blog guru hingga seminar tentang guru tangguh berhati cahaya. Keduanya berlangsung di ruang rapat Pemkot Bekasi.

Suasana pelatihan (dok pribadi Nur Terbit)

Begitulah awal perkenalan itu. Maka ketika kegiatan berikutnya digelar di Purwakarta, saya tidak buang-buang waktu lagi dan ikut mendaftar sebagai peserta.

Pagi-pagi di Senin (26 Desember 2011), saya sudah meluncur ke Islamic Center Bekasi bersama isteri yang kebetulan seorang guru TK.

Sesaat kemudian, saya sudah bergabung dengan sejumlah 120 guru TK, SD, SMP, SMA dari berbagai sekolah di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) dan Karawang.

Mereka ini sama dengan saya. Mau mengikuti pelatihan calon pelatih bidang teknologi informasi dan komunikasi (Training of Trainer Information Comunication Teknologi – TOT ICT) di Indosat Training and Conference Center (ITCC), Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari (26-27 Desember 2011) ini,
digelar hasil kerja sama Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kota/Kabupaten Bekasi, Komunitas Blogger Bekasi (BloggerBekasi.com) dengan Indosat.

Selama pelatihan, peserta menerima materi dan praktek berkaitan dengan pemanfaatan ICT dalam pembelajaran di sekolah.

“Kami dari kalangan guru sangat berterima kasih, bisa menambah
wawasan mengenai ICT yang selama ini belum kami pelajari. Insya Allah ilmu ini sangat berguna untuk ditularkan baik kepada sesama guru, juga terutama
kepada anak didik,”

BegituĀ  pengakuan istri saya Bunda Rabiah, S.Pd, yang sehari-hari sebagai Kepala Sekolah TK Islam Raihan, Wisma Jaya, Bekasi Timur. (Sekarang Kepala Sekolah TK & KB Mutiara Al-Falah, Mustikajaya, Kota Bekasi, pen).

Blogger guru

Istri saya Bunda Sitti Rabiah, ikut bertanya di acara pelatihan (foto Nur Terbit)

Penasehat Komunitas Blogger Bekasi dan IGI Kota/kabupaten Bekasi Wijaya Kusumah (Omjay) mengatakan, ke-120 guru dari wilayah Bekasi dan sekitarnya yang mengikuti training ini, adalah peserta training lanjutan setelah sebelumnya mereka mengikuti pelatihan blog di Islamic center dan kantor Pemkot Bekasi beberapa waktu lalu.

“Semua kegiatan itu, alhamdulillah didukung penuh oleh Indosat yang
peduli dengan dunia pendidikan. Karenanya diharapkan dari kegiatan ini para guru dapat memanfaatkannya di sekolah-sekolah mereka, khususnya tentang pemanfaatan blog dan jejaring sosial dalam dunia pendidikan,” kata Omjay, panggilan akrab Wijaya Kusumah.

Beberapa materi yang diberikan, ternyata cukup menarik.

Materi pelatihan dengan topik “Sekolah Berbasis ICT dan Pemanfaatan ICT Dalam Pembelajaran” disampaikan oleh Dr Sony Trilaksono dan Agus Sampurno.

“Creative Blogging With Indosat Pustekkom” oleh Elga Yulwardian dan Endy J Kurniawan Hasan, “Menulis dan Mengelola Blog Secara Kreatif” oleh Dedi Dwitagama dan Wijaya Kusumah.

Esok harinya, peserta diberikan materi “Pemanfaatan sosial Media dan Domain Berbayar” oleh Ajeng dan Masim Vavai Sugianto, dilanjutkan “Praktek Blog Berbasis WordPress” disampaikan Irfan Zj dan Yulef.

Foto dok Nur Terbit

Saya sudah tidak sabar lagi menunggu materi tersebut. Menunggu inilah, rasanya seolah menanti kekasih yang bakal bertemu esok harinya. Akh, bisakah malam ini mata saya terpejam?

(Saya menyudahi tulisan ini sambil berharap, semoga esok harinya tidak bangun kesiangan hehe…).

Sekian.


Posting oleh Nur Aliem Halvaima ke Aliem Halvaima pada 12/26/2011 07:05:00 AM

Blogger Jurnalis Lawyer

Penulis, Nur Terbit

Leave a Comment