Reportase

Pesan untuk Atlit Asian Games, “Jangan Makan Gorengan Ya”

Written by nurterbit

Sebuah video diputar di layar besar. Seorang anak membaca surat dukungan untuk atlet di Asian Games 2018. “Jangan makan gorengan ya!”

Sejumlah video lainnya, juga terlihat  ada Vincent Kosasih, atlet basket nasional, tersenyum membaca surat tersebut. Sementara sejumlah pendongeng bercerita di depan murid-murid menggunakan media boneka, sebagai alat bantu mendongeng. Mereka tertawa lepas mendengar cerita dongeng.

Ratusan pelajar SD, memang hari itu sengaja berkumpul di Auditorium Wisma Menpora, Jalan Gerbang Pemuda Senayan, Jakarta, Kamis 26 Juli 2018. Mereka datang memberikan dukungan bagi atlet Indonesia, peserta pesta olah raga Asian Games 2018.

Dalam sesi tanya jawab, saya sempat mempertanyakan bagaimana seandainya dukungan terhadap atlit Indonesia juga dilakukan sejak usia dini. Artinya, melibatkan murid TK dan PAUD.

“Jika murid SD menulis surat, mungkin bagi anak TK dan PAUD yang belum bisa menulis, dibuatkan sarana dan wadah tersendiri. Toh mencari bibit generasi penerus diawali dari anak usia dini, mereka berada di usia emas (golden age),” kata saya.

foto : Nur Terbit

foto : Nur Terbit

Pihak menyelenggara Asian Games 2018, merespon positif pertanyaan saya. Ke depan program ini akan lebih diperluas, termasuk memperkenalkan event olah raga bagi anak usia dini.

“Itu sebabnya, kami perlu dukungan berbagai lapisan masyarakat dalam menyukseskan Asian Games 2018. Ini pertama kali INASGOC membuka kesempatan, perusahaan lokal untuk terlibat dan menjalin kerjasama,” kata Cahyadi Wanda, Wakil Direktur Bidang Pendapatan INASGOC.

Sebagai panitia penyelenggara, pihak INASGOC menyatakan mengapresiasi inisiatif APP Sinar Mas melalui SiDU untuk menggalang dukungan masyarakat hingga tingkat siswa-siswi sekolah dasar.

DIDUKUNG MITRA PENDIDIKAN

Acara ini juga didukung penuh oleh Sinar Dunia (SiDU)  sebagai mitra pendidikan Indonesia. SiDU pula yang menginisiasi program “Ayo Menulis Bersama SiDU,” demi menumbuhkan kebiasaan menulis pada anak untuk meningkatkan kompetensi di berbagai bidang. Tulisan anak tersebut berjajar menempel pada wall of hope atau dinding harapan.

Dalam rangka Asian Games 2018, SiDU meluncurkan produk kertas multifungsi dengan kemasan edisi khusus Asian Games 2018. Tidak hanya itu, APP Sinar Mas juga menyediakan 20.000 rim produk PPC SiDU, untuk mendukung kegiatan operasional ajang olahraga terbesar se-Asia ini.

Managing Director Sinar Mas, Saleh Husein menambahkan APP Sinar Mas sudah menyiapkan alat-alat untuk pencegahan kebakaran, sehingga pelaksanaan pertandingan berjalan aman.

“Selain itu telah membangun venue Bowling di Jakabaring Palembang- Sumatera Selatan, konon merupakan veneu bowling terbaik dan terlengkap di seluruh dunia,” kata Saleh Husein didampingi Sovan K. Ganguly, APP Sinar Mas Consumer Bussiness Unit Head.

foto : Nur Terbit

foto : Nur Terbit

SAMBUTAN MENPORA

Mengingat masa depan bangsa Indonesia kelak ada di tangan anak-anak, Menteri Pemuda dan Olah Raga Imam Nahrawi mengajak anak-anak terlibat dalam sejarah besar Asia.

“Jadikanlah kegiatan Asian Games 2018 ini sebagai kandang bersama. Karena ini kandang kita, ya kita harus jadi juara,” kata Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi. Karena itu, Menpora berharap tulisan anak-anak bisa menjadi motivasi dan inspirasi.

Semasa kecil, kata Menpora, dirinya sudah sering menuliskan cita-cita di buku SiDU. Dari tulisan-tulisan tersebut, memacu semangat Imam Nahrawi kecil meraih mimpi, mengantarkan dirinya hingga menjadi Menpora saat ini.

Staf Ahli Menpora Bidang Ekonomi Kreatif, Jonni Mardizal menjelaskan, perlu perjuangan untuk mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah Asian Games 2018.

Peluang ini hanya bisa terjadi sekitar 200 tahun lagi untuk tingkat Asia yang terdiri dari 50 negara. Indonesia dipercaya menjadi tempat penyelenggaraan Asian Games hanya dalam kurun 56 tahun.

foto : Nur Terbit

foto : Nur Terbit

Indonesia pernah menjadi tuan rumah Asian Games ke 4 tahun 1962. Kemudian setelah 56 tahun berlalu, Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah Asian Games ke 18 tahun 2018.

Dengan demikian, Asian Games 2018, bukan hanya milik INASGOC (Indonesia Asian Games Organizing Commite), bukan hanya milik pemerintah, tapi milik seluruh masyarakat dan bangsa Indonesia.

Dalam rangka Asian Games 2018, SiDU meluncurkan produk kertas multifungsi dengan kemasan edisi khusus Asian Games 2018. Tidak hanya itu, APP Sinar Mas juga menyediakan 20.000 rim produk PPC SiDU, untuk mendukung kegiatan operasional ajang olahraga terbesar se-Asia ini.

Gerakan “Ayo Menulis Bersama SiDU” diselenggarakan sejak 2017, tahun ini melibatkan 20 ribu murid dari 100 Sekolah Dasar di Jabodetabek.

Modul baru gerakan ini, berupa pemberian buku latihan menulis, pendampingan anak secara intensif bersama orang tua dan guru.

Cahyadi Wanda, Wakil Direktur Bidang Pendapatan INASGOC, menegaskan pentingnya dukungan dari berbagai lapisan masyarakat dalam menyukseskan Asian Games 2018. Bahkan pertama kali INASGOC membuka kesempatan, perusahaan lokal untuk terlibat dan menjalin kerjasama.

“Kami selaku panitia penyelenggara mengapresiasi inisiatif APP Sinar Mas melalui SiDU untuk menggalang dukungan masyarakat hingga tingkat siswa-siswi sekolah dasar,” ujar Cahyadi.

Saleh Husein, Managing Director Sinar Mas, menyampaikan, bahwa APP Sinar Mas sudah menyiapkan alat-alat untuk pencegahan kebakaran, sehingga diharapkan pelaksanaan bisa pertandingan berjalan aman.

Selain itu telah membangun venue Bowling di Jakabaring Palembang- Sumatera Selatan, konon merupakan veneu bowling terbaik dan terlengkap di seluruh dunia.

SEJUTA DUKUNGAN

Dari panitia penyelenggara sendiri,
momentum Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018 ini, diharapkan akan menjadi kebanggaan bagi seluruh elemen bangsa Indonesia, termasuk anak-anak.

Karena itu, Asian Games 2018 diharapkan akan mendorong anak-anak Indonesia untuk mendapatkan semangat sportivitas, fair play, kejujuran, serta menanamkan nilai nasionalisme yang akan mendukung mereka menggapai cita-cita di masa depan.

Dukungan dari segenap bangsa Indonesia, termasuk anak-anak, akan membantu para atlet Indonesia untuk meraih hasil terbaik di Asian Games 2018.

Untuk menumbuhkan semangat Asian Games 2018 kepada anak-anak, Sinar Dunia sebagai mitra dalam mendukung pendidikan anak Indonesia, terpanggil untuk menyalurkan dukungan yang telah ditulis oleh anak-anak kepada para atlet nasional yang akan berlaga dalam Asian Games 2018.

Surat dukungan tersebut merupakan kelanjutan dari program “Ayo Menulis Bersama SiDU!” yang menitikberatkan pentingnya menumbuhkan kebiasaan menulis untuk mendukung kecerdasan anak.

Sinar Dunia juga menjadi produk resmi Asian Games 2018 dan bersama APP Sinar Mas menjadi mitra resmi Asian Games 2018. Acara ini sekaligus ditujukan untuk memperingati Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli 2018.

Adapun tujuan yang ingin dicapai, yakni untuk mendorong partisipasi aktif dari anak-anak untuk mendukung atlet-atlet nasional yang bertanding dalam Asian Games 2018. Selain tentu saja meningkatkan perhatian publik terhadap Asian Games 2018.

Bentuk acaranya pun dikemas sedemikian rupa. Antara lain
menampilkan tulisan berisi dukungan anak-anak kepada atlet-atlet Indonesia dalam bentuk pameran.

Menayangkan video berdurasi 1-2 menit yang memperlihatkan para atlet Indonesia membaca dan mengapresiasi surat dukungan dari anak-anak Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, diberikan penghargaan kepada 10 anak yang menulis surat dukungan terbaik, disaksikan perwakilan dari 25 sekolah, yaitu: 100 anak SD, 50 perwakilan orang tua, 50 perwakilan guru (Nur Terbit)

Leave a Comment