Sosok

Temanku Seorang Wartawan Foto

Written by nurterbit

BI & MOTOR RONGSOK

Dunia jurnalis atau wartawan, memang penuh dengan warna-warni. Selain kehidupan berburu berita, bekerja di bawah tekanan deadline atau batas akhir pengiriman dan penurunan berita, juga banyak pengalaman lucu-lucu terjadi.

Baik dialami selama bertugas di lapangan, maupun tingkah laku yang kocak, menjengkelkan dan membahagian di antara sesama wartawan.Berikut catatan kecil saya soal pengalaman di lapangan bergaul dengan sesama wartawan. Ada pengalaman saya dengan BI, inisial Bambang Irianto, eks wartawan foto Harian Terbit ini. Waktu ditugaskan oleh redaktur suplemen khusus Terbit Minggu, LB Priyono, meliput kegiatan sekolah penerbang di Curug, Tangerang, saya boncengan dengan “beliau” untuk melengkapi tulisan dengan illustrasi fotonya BI.

Dari Bekasi ke Tangerang

Saya tinggal di Bekasi, Provinsi Jawa Barat. Untuk bisa berangkat bersama BI ke lokasi liputan, saya kemudian naik bus dari Bekasi menuju Tanah Abang, Jakarta Pusat. Kami kemudian berangkat boncengan motor dari rumahnya di Tanah Abang, Jakarta Pusat ke Tangerang, Provinsi Banten (dulu masih masuk wilayah Provinsi Jawa Barat).

Waktu melintas di Jl Daan Mogot, Cengkareng, ban motor si kawan ini (BI) bocor. Saat mau ditambal, bannya gak bisa lagi digunakan, harus beli baru. Padahal uang pas-pas. Terpaksa uang transpor dan uang makan dari kantor dipakai untuk beli ban baru. 
Selama perjalanan, rantai motor BI juga suka lepas. Jadi, terpaksa harus berhenti memasang rantai lalu meneruskan perjalanan hingga ke Curug. Entah berapa kali rantai motor BI lepas untuk sampai ke tujuan lokasi liputan.
Hingga saya selesai wawancara dan BI mengambil gambar siswa dan suasana sekolah penerbang Curug, kami kemudian berboncengan lagi pulang ke Tanah Abang, Jakarta Pusat. Tiba di Tanah Abang sudah malam hari, usai Isya.
Nah asal tahu saja, selama perjalanan dari Tanah Abang ke Curug, Tangerang terus balik lagi dari Curug ke Tanah Abang, kami berdua terpaksa harus “puasa”. Ya gak makan dan minum karena uang saku sudah habis dipakai beli ban dalam motor hahahaha…
Seorang sahabat BI yang juga sahabat kami, Purwo Susanto, menulis keterangan di balik foto BI, “Ini juga wartawan Harian Terbit, jagonya motret copet”.
Kenapa disebut jago motret copet, pernah sekali redaktur menyuruhnya memotret para tukang copet di Terminal Pulogadung, Jakarta Timur. Entah bagaimana caranya, si BI ini akhirnya berhasil memotret sang copet.
Bagaimana caranya?
“Ada deh,” katanya.
Illustrasi (foto : Nur Terbit)

Illustrasi: Menaklukkan Media (foto : Nur Terbit)

Komentar Para Sahabat

Berikut komentar teman-teman kami soal BI saat foto mereka di upload.

Toto Rohadi 
ha ha ha……mungkin dia tau ciri2 copet kali ya….ha ha ha..
Purwo Susanto
Iya to bisnis sampingannye ye nyo…pet
Djoko Waluyo
Motor Honda bebek merah jenis C 90 lampu belakang masih kotak nih joknya diganti putih ya
Toto Rohadi
Larinya paling kenceng 50km/jam….itu udah ngeden……buanget
Purwo Susanto,
ya selain penjual minum pinggir jalan hahaha…
Djoko Waluyo,
kalau dari kantor pulogadung ngebut, terus direm mendadak, motornya baru berhenti kalau sudah nyampe di Tugas hahahaha…
Purwo Susanto
Motornya jarang diisi bensin, ke pom bensin bukan beli bensin tapi jejerin orang beli bensin kena baunye aje udeh bisa idup buat sehari.
Nur Terbit
Itu motor paling setia. Kalau dinas malam motor itu jarang tengki bensinnya penuh. Sekali waktu Mas Purwo minta boncengan BI pulang malam. Sebelum mesin dihidupkan, BI buka jok dan tutup tengki memeriksa bensin, Mas Purwo dari jauh sdh ketawa, “benar kan, tengki pasti kosong…” hahaha.
Toto Rohadi
Lim….BI sama PS itu setali tiga uang…motornya gak ada yang bener…
Purwo Susanto
iya betul……kalo mau jalan baca bismillahnya aja 5 x….biar gak ada gangguan dijln….
Bang Nur
Itu motor Honda Lagenda yang dia pake sebelum berganti motor Bajaj, kan dijual ke saya karena tdk bisa lagi meneruskan cicilannya. Bahkan sdh dua kali ditarik oleh leasing. Giliran penarikan ketiga, saya yg beli kemudian lgs saya tebus di lising. Tau gak, harga jual motornya ke saya ternyata masih hrs tambah uang denda tunggakan yang belum dibayar BI. Akhirnya motor yang saya beli itu jatuh2nya mahal….ya sudah deh, terlanjur. Padahal dgn uang pembelian meneruskan cicilan motor BI, sebenarnya sdh bisa untuk panjar motor baru hahahaha…
Teguh Imam Suryadi
Cerita soal BI juga. Dua kali diminta bantu motret Festival Sinetron Indonesia, 2 kali gagal. Pertama, batere kameranya mendadak mati waktu mau dipake karena belum dicas. Kedua, batere sudah moncer powerfull, BI pun keasikan jeprat-jepret sebelum acara mulai. Begitu puncak acara pengumuman pemenang, filmnya habis. Moment penting FSI tak terdokumentasikan.
Purwo Susanto
Cerita tentang BI emang sering bikin hati mangkel, tapi mau bilang apa. Kisahnya soal FFI.Waktu itui sy jadi panitia di acara FFI.Nah salah satu kerjaan saya bidang konsumsi. Karena acara udah siang sy ke warung padang pesen makan tigapuluh dus. Rupanya BI gak mau kalah set, tanpa bilang-bilang dia juga pesen dalam jumlahj yang sama. Ketika makanan datang dia minta uang untuk bayar nasi. Waduh tekor deh panitia, hehehe….
Purwo Susanto
Cerita tentang BI emang sering bikin hati mangkel, tapi mau bilang apa. Kisahnya soal FFI.Waktu itui sy jadi panitia di acara FFI.Nah salah satu kerjaan saya bidang konsumsi. Karena acara udah siang sy ke warung padang pesen makan tigapuluh dus. Rupanya BI gak mau kalah set, tanpa bilang-bilang dia juga pesen dalam jumlahj yang sama. Ketika makanan datang dia minta uang untuk bayar nasi. Waduh tekor deh panitia,,,
Toto Rohadi
mungkin gak usah soal lain….ada orang melihat mukanya aja udah kesel…he he he…. 

Leave a Comment