Kolom Pers

Cerita Istri Seorang Wartawan

foto dok pribadi
foto dok pribadi
Written by nurterbit

Ini pengalaman istri saya yang sehari-hari berprofesi sebagai guru. Dia protes Kadisdik, gara-gara dilarang ngomong ke wartawan

Suatu saat, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) di wilayah tempatnya mengajar, memberi pengarahan di depan guru-guru dalam sebuah rapat organisasi profesi guru.

Dalam pengarahan tersebut, sang Kadisdik sempat menyinggung soal ramainya pemberitaan tentang Dinas Pendidikan yang cenderung “miring”, terutama di media cetak.

Berita “ngeri-ngeri sedap” tersebut antara lain mulai dari berita penerimaan CPNS guru, penerimaan siswa baru, sertifikasi guru, hingga berbagai tunjangan, yang kesemuanya itu terkesan beraroma pungli yang dilakukan oknum Disdik. Nah, dengan sedikit marah, sang Kadisdik dengan nada pelan memohon agar jangan sampai ada guru yang “bocorkan” ke mass media alias didengar oleh wartawan.

“Jadi saya minta kepada teman-teman guru, terutama dari kalangan ibu guru. Bila ada masalah di lingkungan dunia pendidikan kita ini, jangan ada yang ngomong kepada wartawan. Yang repot nanti bukan hanya guru, tapi saya sebagai kepala dinas dimutasi atau dipecat dari jabatan. Jadi sekali lagi, jangan ada yang ngomong ke wartawan ya Neng?”

Peserta rapat terdiam. Tiba-tiba istri saya berdiri. Protes kepada Kadisdik.

“Lah, bagaimana dengan saya pak? Masak gak boleh ngomong ke wartawan?”

“Maksudnya, jangan ember-lah, ngoceh-ngoceh atau ngomong-ngomong ke wartawan”.

“Wah, gak bisa dong Pak…”

“Emang kenapa rupanya, Bu?”

“Ya, repotlah Pak. Suami saya itu wartawan, dan saya ini guru yang kebetulan istri wartawan. Saya sudah berpuluh tahun hidup dan tidur dengan wartawan, masak gak bisa ngomong sih, sekalipun dengan suami sendiri…..”

“?????????……”

Kadisdik bingung mau menjawab. Yang ada, peserta rapat malah ngakak…..hehehehe.

Sejak kejadian itu, setiap menjelang rapat Kadisdik dengan guru-guru, istri saya selalu dicari.

“Mana Neng guru yang istri wartawan itu? Masalah yang dibahas di rapat nanti, jangan diomongin sama suami ya Neng, eh maksudnya ke wartawan ya Neng?”

Hahahaha…..ada-ada aja.

* Tulisan ini diambil dari status saya di Facebook serial “Cerita Hari Ini” BLOGGER TRAVELLER

Jadi BLOGGER TRAVELLER bersama istri (dok pribadi)

1 Comment

Leave a Comment